Pages

8/15/15

Sejenak duajenak. Kho

Mandi adalah kegiatan favoritku.
Sejenak, untuk merasakan eksistensi tubuh dan memanjakannya.
Duajenak, untuk mengingatkanku bahwa berani kotor itu baik tapi jangan lupa dibersihkan.

Setidaknya dalam hitungan jam, panutan saya pernah mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan diri, selain kebersihan sebagian dari iman, panutan saya mengarahkan saya untuk tetap bersih minimal lima waktu dalam sehari. Selain membersihkan jasad, pikiran, hati, dan aktifitas kemanusiaan, membersihkan bukan berarti harus kotor dulu. Tapi, tetaplah membersihkan walau masih bersih, ini saya artikan sebagai sebuah pelatihan diri sebagai manusia untuk tetap hidup meski masih hidup.
Apalagi yang harus hidup? menghidupkan lentera ketika datang gelap. menghidupkan semangat ketika datang jenuh. menghidupkan kepercayaan ketika datang hianat. menghidupkan air kedermawananan ketika datang kepelikan. menghidupkan kemurahan ketika datang kemarahan. menghidupkan kesabaran ketika datang permainan dan tantangan. menghidupkan keseimbangan ketika datang goncangan. menghidupkan kemanfaatan ketika datang energi yang meluap. menghidupkan penghargaan ketika datang kebaikan. menghidupkan kesyukuran ketika datang keindahan. menghidupkan pagar keteguhan ketika datang kebenaran. menghidupkan alat untuk melepaskan ketika datang keangkuhan. menghidupkan tuhan ketika muncul ke-aku-an.

ternyata saya masih mati, karena masih banyak hal yang belum saya hidupkan, meskipun saya masih hidup.


No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About