Pages

8/8/14

Dasar-Dasar Logika (Part 1)




Apakah Logika itu?

Ya, yang jelas ini adalah salah satu mata kuliah gue di semester awal waktu masuk jurusan IKOM. hehehe
Jadi begini, untuk memulai materi ini, gue gak bakal pakai acara ribet. Terlebih gue bukan dosen, yang perlu diketahui untuk belajar materi Logika ini, Loe musti siap-siap berfikir keras. oke langsung masuk ke pengertian aja keleus... 

Menurut runtutan asal muasal kata LOGIKA , dapat gue simpulkan " Logika merupakan hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa ".

Sampai sini udah paham ? 

Intinya disini, Logika itu berkaitan dengan berfikir, berfikir yang gimana? Berrfikir yang tertib, runtut, dan benar.  Jadi bukan tentang isi pikiran kita loh, jangan salah. Disini penekanan ada pada aturan yang menuntun alur fikiran agar dapet hasil yang bener. 

lebih lengkapnye baca disini >>> Definisi Logika

Kapan sih Logika itu mulai ada?

Sebagai pemula, mestinya kita kritis seperti ini. Pandai-pandai membuat pertanyaan, karena ini akan menjadi landasan anda untuk memulai belajar tentang Logika. Nah, sejak kapan Logika itu mulai ada? Yang jelas dimulai oleh Manusia, hehe. Iya, sejak berkembangnya filsafat di Yunani. Logika saat itu mulai lahir sebagai cabang dari filsafat dan atau bisa juga masuk cabang Matematika.

lebih lengkapnye baca disini >>>  Sejarah Logika



Terbagi ke dalam berapa macamkah logika itu apabila dilihat dari segi hakikatnya? 


Secara hakiki logika dapat dibagi menjadi dua macam yaitu Logika Alamiah (Kodratiah) dan Logika Ilmiah (Logika Saintifika).


Logika alamiah manusia ada sejak lahir. Kemampuan ini meliputi kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan-kecenderungan yang subyektif. 

Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan azas-azas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau, paling tidak, dikurangi. Dengan adanya
logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah dan lebih aman. Logika ilmiah memiliki dua cabang kajian, yakni logika sebagai ilmu pengetahuan dan logika sebagai cabang filsafat.

Logika sebagai ilmu pengetahuan merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana obyek materialnya adalah berpikir (khususnya penalaran/proses penalaran) dan obyek formal logika adalah berpikir/penalaran yang ditinjau dari segi ketepatannya.  

Logika sebagai cabang filsafat adalah sebuah cabang filsafat yang praktis. Praktis disini berarti logika dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
 





Untuk apa logika dipelajari?


Salah satu guna kita belajar logika adalah, kita mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dan ini adalah salah satu ciri manusia dewasa.Kecerdasan ini sering kali digunakan untuk memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan dasar masalah yang memang mampu ditelaah dan terjangkau Logika manusia.

Dalam hubungan ini logika digunakan untuk memecahkan suatu masalah saat seseorang menjabarkan masalah itu menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, dan menyelesaikannya sedikit demi sedikit, serta membentuk pola/ menciptakan aturan-aturan (rumus).

Logika juga digunakan agar mampu menggunakan metode ilmiah dalam menjawab suatu pertanyaan. Metode ilmiah ini secara singkat berarti membuat hipotesa, menguji hipotesa dengan mengumpulkan data untuk membuktikan atau menolak suatu teori, dan mengadakan eksperimen untuk menguji hipotesa tersebut.

Kecerdasan Logika akan memberi efek seperti ini >>> Kecerdasan Logika 


Mulai dari mana logika sebagai ilmu dipelajari?


Sudah dijelaskan di atas bahwa logika merupakan hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Jelaslah bahwa logika memiliki pertalian yang erat dengan bahasa. Jadi apabila kita ingin mempelajari logika, mulailah dengan melihat hubungan antara bahasa dan logika atau sebaliknya.

Seperti apa sih Kaitan Logika dan Bahasa ? >>> Logika dan Bahasa


Sekian Pembahasan Dasar-Dasar Logika Part1 dan akan dilanjutkan Ke Daslog Part 2.

 

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About