Pages

8/24/14

Ada Apa di Sebelum Cahaya yang Ber-Embun Itu?

Ingatkah engkau kepada embun pagi bersahaja yang menemanimu sebelum cahaya ....

-Letto-




Halo Gaes, masih ingat kan lagu ini?

Yoik. Lagunya Letto. Iseng aja nih ye. Sore-sore tetiba pengen nulis aje, eh nongol dah lirik ntu sekelebat. Jadi deh ada bahan buat nulis. heuheuheu

Jadi begini, apa sih kira-kira maksut dari lirik diatas? Etapi, sebelum memasuki lirik itu, mending ente pade denger lagi deh, biar nuansanya nyatu gitu.

gimana? udah?

Okeh. Lanjut gaes/

Ane kagak bakal ambil semua lirik, sebab ibarat sungai, ane cuma ambil segelas saja. Kalo kebanyakan ntar bisa jualan air ntar :|

*garing*

Oke langsung saja!

Kenapa kok kita ditanya : Ingatkah ?
Untuk memasuki ranah ini, aku ambil rujukan dari Kitab Suci (karna ane islam jadi Ambil Quran).
Mari kita hitung ayat yang menyinggung tentang "mengingat".

1) “ Ala bidzikrillah tathmainnul qulub ” ( Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram
 (QS.13 : 28).

(2) “ Inna nahnu nazzalna al- dzikir wainna lahu lahafizhun” ( Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar, memeliharanya (QS.15:9).

(3) “ Fas’ alu ahla al-dzikir in kuntum la ta’lamun” ( Maka bertanyalah kepada orang-orang yang berpengetahuan (Ulama) jika kamu tidak mengetahuinya ) (QS.16:42).

(4) “ Idza nudiya li al- shalati min yaum al jum’ati fas’au ila dzikir Allah” ( Jika dipanggil mengerjakan salat pada hari Jumat, maka segeralah pergi menunaikan salat Jumat (QS. 62:9).

(5) “ Waman a’radha ‘an dzikriy fainna lahu ma’isyatan dhanka”( Barangsiapa yang berpaling dari peringatanku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit (QS.2O:124).

(6) “ Wa aqim al-shalata li zikriy ” ( Maka dirikanlah salat untuk mengingatKu) (QS.2O:14).
Nah, ini ada 6 contoh ayat yang merujuk pada mengingat. Dan kelihatanya sih, masih banyak.
Jadi, Letto nampaknya sedang melakukan penularan ide, atau "Inception" kepada khalayak untuk selalu mengingat. 

"Tapi disini kan liriknya mengingat embun pagi yang bersahaja mas?"

Iya, betul sekali, jadi, embun pagi yang bersahaja, kira-kira itu adalah simbol atau perumpamaan yang dipoles dengan bahasa yang indah dan mempunyai makna yang dalam. 

Embun adalah uap air yang mengalami proses pengembunan-proses berubahnya gas menjadi cairan. Embun biasanya muncul di pagi hari, di sela-sela kaca jendela atau di balik daun. Air embun dalam agama Islam digolongkan sebagai air yang "suci-menyucikan"-air yang sah digunakan untuk berwudhu-bersama salju, danau, maupun sungai. Embun biasa terjadi sehabis hujan atau saat pagi hari.  (via Wikipedia)


"Tapi, kita gak begitu bahas embun aja yes!"
"Loh, ga bisa gitu donk, kalo dari wikipedia aja mah gue juga tauuuuk!"

Okelah,Embun dapat terbentuk pada suhu yang cukup dingin dan kondisi yang cukup tenang. Kebetulan malam hari adalah satu waktu yang memenuhi kedua kondisi tersebut.

Memangnya apa yang terjadi pada saat udara cukup dingin? Begini, udara memiliki satu titik jenuh di mana ia tidak dapat lagi menampung uap air lebih banyak dan sebagian uap tersebut kembali berubah menjadi titik-titik air.

Kondisi tersebut umumnya terjadi saat udara sudah tidak dapat menampung uap air lagi. Akan tetapi, ternyata menurunkan suhu udara juga bisa menyebabkannya berada di titik jenuh. Titik jenuh akibat penurunan suhu udara ini kita kenal sebagai titik embun.

Pada malam hari, selain suhu udaranya lebih dingin, umumnya tidak banyak angin yang berhembus. Saat tidak ada angin yang berhembus, uap air akan lebih mudah menempel pada benda-benda tertentu, seperti daun, rumput, atau mobil.

Benda-benda tersebut umumnya akan bersuhu dingin juga di malam hari. Akibatnya, suhu dingin dari benda tersebut akan membuat uap-uap air yang menempel pada benda itu menjadi jenuh dan berubah kembali menjadi titik-titik air.

Nah titik-titik air inilah yang kita lihat sebagai embun di pagi hari. Nah, sudah tahu kan sekarang.

"lalu kaitan ama liriknya letto tadi apa?"

Ya, Embun pagi bersahaja. Coba kita rasakan, kalao Misalnya nih, tiap hari kita kan selalu disibukkan dengan rutinitas masing-masing, ada yang sekolah, kerja, main, dlsb. Kan pasti dimulai dari bangun pagi, bla-bla-bla-bla .. sampai siang , sore, malem, pagi lagi. Nah, Ada kalanya kita ada di momentum atau kondisi di siang hari, siang hari identik dengan panas, gerah, pokoknya gak enak banget deh.

Nah, gimana kalo disaat sepeerti itu kita bawakan suasana dimana kita merasa segar, nyaman, dan menyenangkan. Yak, suasana pagi hari. Dengan "mengingat" tadi, kita bisa tarik dalam artian "dzikr", dan kita dapat temukan "dzikr" tadi di Suasana Sholat.

Dalam acara ritual Umat islam, Sholat dilakukan dengan beberapa syarat dan ketentuan agar menjadi sah.
Mulai dari Wudlu.
Disini, ada peran unsur air dimana air itu menyegarkan (jelas lah). Tapi air yang suci mensucikan (ya mirip embun donk). Nah, mulai kita membasuh tangan, dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, dengan harapan apa saja yang kita kerjakan sebelumnya mungkin saja kita melakukan kesalahan  dengan tangan kita, semoga dengan cucuran air ini luruh segala kesalahan yang kita lakukan dan bersih lagi seperti semula. Dan lagi, semoga akan menimbulkan itikad baik untuk meminta maaf bila telah berbuat salah pada orang lain. Dan seterusnya membasuh semua anggota badan dalam berwudlu sampai Sholat dan berdoa.

"wah kok malah ceramah mas?"

"Ya namanya juga iseng, nyari bahan tentang Politik gak ada sih... ya maap :D"

Nah, kayaknya ada yang masih belum dibahas nih yes?
Yap, tentang "yang menemanimu sebelum cahaya".

Oke gaes, jadi begindang, kita balik lagi ke masalah embun tadi yang merupakan simbol dengan uraian seperti diatas. Hal ini juga ditemukan pada lirik ini, yaitu dimana ada kata-kata sebelum cahaya. Kira-kira ini adalah waktu dimana kebanyakan orang-orang pada tidur (termasuk ane) tapi ada sebagian orang yang masih terjaga dalam keadaan tertentu. Yang jadi fokus masalah disini adalah, orang yang masih terjaga itu ngapain sih, kok belum tidur ? atau kok sudah bangun? habis nonton bola yak?

Banyak kemungkinan yang terjadi diwaktu tersebut, kirakira antara jam 2 sampai jam 4 pagi.
kalao dari sudut pandang para kalong (manusia yang melek di malam dan tidur di siang) ini adalah moment-moment dimana waktu tepat untuk tidur dan hawa yang memungkinkan untuk tidur pulas (pengalaman)

Ada pula pandangan yang berasal dari para pekerja yang memang jam-jam ini adalah waktu yang tepat untuk memulai usahanya, karena mungkin dengan memulai lebih pagi, rezeki akan mengalir lebih deras sebelum dipatok ayam.

Ada pula sudut pandang yang merujuk pada Hadist riwayat Nabi Muhammad SAW dan Al-Quran.

“Allah SWT turun ke langit dunia ketika sepertiga malam yang pertama telah berlalu. Dia berkata, ‘Akulah raja, Akulah raja, siapa yang berdoa kepada-Ku Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku Aku beri, siapa yang meminta ampun Aku ampuni.’ Dia terus berkata demikian sampai sinar fajar merekah.” (HR. Muslim).

Allah tabaaraka wata’aala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, ‘Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan, adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan, adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni.’” (HR. Bukhari-Muslim)

“Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (darinya). (Yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al Qur’an dengan tartil (perlahan-lahan).”      (Al Muzzammil:1-4)

Nah, kesimpulan ada di tangan anda. 
Dari sudut pandang mana anda membaca lirik ini?

Tapi tetap, karena ini tulisan yang saya tulis, saya juga mau berpendapat. Kira-kira Opsi sudut pandang terakhir adalah rujukan yang tepat untuk menafsirkan lirik "yang menemanimu sebelum cahaya"


Oke, akhirnya capek juga. 

Dan Atas Setiap niat baik hambanya, Tuhan tidak hanya mengabulkan, tapi juga memfasilitasinya (EAN)

Semoga tiap niat baik anda selalu dijaga Tuhan, sampai benar-benar terlaksana. (aamiiin)

Sekian Corat-coret dari saya.

Salam Ndasmu Ndasku Aku Asu Kau ! 

HAHAHA~
  




No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About